+ -

BANNER

BANNER

Kamis, 03 Oktober 2013

Day 3 #30DaysSaveEarth “Air”.

#30DaysSaveEarth

AIR



Air merupakan unsur penting kehidupan di muka bumi. Terutama manusia (kita), sekitar tiga perempat tubuh kita terdiri dari air. Kita bahkan tidak dapat bertahan hidup tanpa air 3-4 hari tanpa minum. 



Air berguna untuk pembersih, seperti mandi dan mencuci. Air juga berguna untuk keprluan industri, pembangkit tenaga listrik, hiasan, peternakan, dan lainya. Hampir seluruh aspek kehidupan berhubungan dengan air. Air yang baik akan memberikan manfaat yang baik baik pula bagi kita dan lingkungan. 


Bayangkan jika air tercemar, dan tidak dapat digunakan. Kita tidak bisa meminum air dengan pengolahan singkat, melainkan dengan netralisasi yang cukup panjang. Air tempat hidupnya hewan dan tumbuhan. Jika air tercemar maka ikan – ikan akan mati dan tidak layak konsumsi, akan mengurangi cakupan bahan makanan kita.


Sama halnya dengan pohon. Air yang bersih dan terjaga lingkunganya akan memberikan manfaat yang luar biasa. Jika kita tidak mempedulikan air di lingkunga kita, air akan menjadi musuh paling besar pemakan korban di bumi ini. Bermula dari banjir yang irigasinya tidak kita perhatikan dengan baik. Air yang tercemar dari limbah akan mudah menjadi perantara penyakit. Efeknya akan berdampak pada kesehatan kita dan lingkungan.


Nah bagaimana agar air tidak tercemar dan terjaga aliranya. Kita dapat memulainya dengan berhemat dengan berhemat air kita akan memiliki persediaan air bersih yang cukup setiap harinya. Dengan tidak membuang sembarangan benda non organik maupun organik ke dalam air baik itu di aliran irigasi umum maupun lingkungan rumah. Kemudian menjaga aliran irigari air disekitar rumah baik selokan maupun sungai. Kurangi pemakaian detergen. Dan masih banyak hal baik lainya yang dapat kita lakukan terhadap air.

Tak dapat dipungkiri bahwasanya sistem pengelolaan sampah saat ini masih  minim. Namun kita mencoba sebaik mungkin agar menjaganya tetap bersih.  

tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika
5 SKIZOID: Day 3 #30DaysSaveEarth “Air”. #30DaysSaveEarth AIR Air merupakan unsur penting kehidupan di muka bumi. Terutama manusia (kita), sekitar tiga perempat tubuh kit...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >