+ -

BANNER

BANNER

Sabtu, 12 Oktober 2013

Day 12 #30DaysSaveEarth "Kertas"

Day 12. Kertas.

Nah, tak dipungkiri lagi benada yang satu ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari - hari. kenapa tidak, kerena ia membantu kita mencatat sembari mengingatkan apa yang ada dalam pikiran kita.

Kertas berasal dari bahan kayu. dan penggunaan kertas dalam jumlah yang banyak akan berdampak pada kuantitas kayu di bumi.  Bayangkan jika kayu sudah mulai habis / dalam jumlah yang memprihatinkan, otomatis kita akan mengalami kekurangan kertas.

Kertas digunakan oleh hampir semua lapisan masyarakat. kertas adalah tempat wajib menyimpan dokumen penting dan keabsahaan informasi didalamnya berasal dari symbol dan ketentuan yang menggunakan.

Dampaknya terhadap lingkungan terutama pohon sudah tampak memilukan, apalagi reboisasi pohon sukar dilakukan karena kepedulian terhadap pohon kurang. alangkah baiknya dari sekarang kita lebih memerhatikan lingkungan kita yang kian tua ini.

Penggunaan kertas dapat kita minimalisir dengan cara bijak menggunakanya. selain itu kita harus memperhatikan kertas yang masih bisa dipakai agar tidak terbuang percuma. Bagi pengguna gadget dengan kemampuan mencatat tulisan dan gambar, telah membantu pengurangan penggunaan kertas. tetapi, penggunaan gadget dengan komsumsifitasnya adalah listrik, maka perlu di ketahui hal - hal yang dapat meredam pemakaian listrik.

Dilihat dari dilema antara kita harus tetap memakai kertas yang berdampak pada pohon, atau menggunakan gadget yang berdampak pada listirk. intinya apapun yang kita gunakan harus tetap bijaksana dalam penggunaanya agar lingkungan tetap terjaga.

Logikanya jika masih ingin menggunakan kertas kita harus menanam pohon dan menjaga kelestarian hutan. bukankah itu tanggung jawab industri kertas yang bersangkutan?. memang benar tetapi disisi lain kita juga harus memikirkan hal tersebut, agar pohon tidak berkurang dan udara tetap nyaman.  secara alami inipun termasuk dalam langkah bertahan dan mempertahankan.


Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika
5 SKIZOID: Day 12 #30DaysSaveEarth "Kertas" Day 12. Kertas. Nah, tak dipungkiri lagi benada yang satu ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari - hari. kenapa tidak, kerena ia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >